Bupati Baddrut Tamam Salurkan Bantuan kepada Warga Terdampak Banjir

PAMEKASAN HEBAT – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam Selasa (22/12/2020), menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di wilayah itu, sebagai upaya untuk meringankan beban warga.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban bapak-ibu sekalian,” kata Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat menyalurkan bantuan di rumah warga di Kelurahan Jungcangcang, Kecamatan Kota, Pamekasan.

Bupati didampingi Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Moh Tarsun, dan Camat Kota Pamekasan Rahmat Kurniadi, serta sejumlah staf dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan. [Baca Juga: Kodim 0826 Pamekasan Terus Gencarkan Sosialisasi Disiplin Protokol Kesehatan]

Kelurahan Jungcangcang merupakan satu dari lima kelurahan yang tergenang banjir akibat luapan sungai yang terjadi selama dua hari, yakni pada 18 dan 19 Desember 2020. Empat kelurahan lainnya masing-masing Kelurahan Gladak Anyar, Parteker, Patemon dan Kelurahan Barurambat Kota, Kecamatan Kota Pamekasan.

Selain menggenangi lima kelurahan, banjir di Pamekasan itu juga mengenangi perkampungan warga di tiga desa, yakni Desa Laden, Jalmak, Nyalabu Kecamatan Kota Pamekasan, dan Desa Lemper, Kecamatan Pademawu.

Banjir yang melanda Pamekasan kali ini, karena tanggul penahan banjir di lima titik jebol, sehingga air mengalir ke perkampungan warga. “Kami sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jatim, bahkan Bu Gubernur telah menyampaikan akan membantu pemkab untuk bisa segera mengatasi permasalahan ini,” kata bupati. [Baca Juga: Gubernur Jatim Lakukan Mitigasi dan Evaluasi Komprehensif Terkait Banjir Pamekasan]

Banjir yang melanda lima kelurahan dan tiga desa pada 18 dan 19 Desember 2020 itu, bukan yang pertama kali terjadi.

Sebelumnya pada 14 Desember 2020, banjir juga menggenangi sebagian rumah warga di Kelurahan Patemon, namun tidak berlangsung lama dan segera surut.

Dua hari kemudian, yakni pada 16 Desember 2020, banjir juga terjadi di Dusun Jungcang, Desa Sana Tengah, Kecamatan Pasean, serta dua desa di kecamatan Waru, yakni di Dusun Bunten, Desa Sana Laok, serta Dusun Duuman, Desa Waru Timur, Kecamatan Waru.

Banjir di dua desa ini juga akibat luapan akibat tidak mampu menahan debet air setelah wilayah itu diguyur hujan deras selama tiga hari berturut-turut. [Baca Juga: Banjir Genangi Lima Kelurahan, Bupati-Dandim Tinjau Lokasi Bencana]

Banjir yang melanda Kota Pamekasan mulai Jumat (18/12) sekitar 20.00 WIB dan hingga Sabtu (19/12) siang masih berlangsung ini semakin meluas, dan genangan semakin tinggi.

Pada Jumat (18/12) malam genangan air akibat luapan sungai di kota itu, baru di tiga kelurahan dan dua desa, yakni Kelurahan Gladak Anyar, Jungcangcang, Kelurahan Patemon, Desa Laden dan Desa Nyalabu dengan ketinggian genangan antara 20 cm hingga 60 cm. Namun di sebagian titik sudah ada yang mencapai 1 meter lebih. (PAMEKASAN HEBAT)

Baca Artikel Populer Lainnya di Bulan November 2020 Ini

Baca Juga Artikel Bulan Sebelumnya:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s