Koperasi Harus Jadi Pendukung Sukseskan Program Wirausaha Baru Pamekasan

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Raja’e saat meninjau bantuan alat untuk pengusaha baru di Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN HEBAT – Lembaga keuangan koperasi diharapkan jadi pendukung dalam ikut mensukseskan program Wirausaha Baru (WUB) yang dicanangkan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan wakilnya Raja’e, karena program ini, sama-sama memiliki kepentingan untuk menghidupkan perekonomian masyarakat Pamekasan.

Sinergi antara Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan institusi lain yang membidangi kewirausahaan, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Pamekasan diharapkan bisa terjalin dengan baik dan saling menguatkan.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan Abdul Fata, saat ini jumlah koperasi yang terdata di Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan sebanyak 667 koperasi, terdiri dari berbagai jenis koperasi. “Data jumlah koperasi ini berdasarkan hasil pendataan tim per Juli 2020 ini,” katanya kepada wartawan di Pamekasan, Jumat (11/9/2020).

Hanya saja, sambung dia, dari 667 koperasi itu, yang aktif, yakni rutin melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) hanya 369 koperasi saja, sedangkan 298 koperasi lainnya tidak aktif.

Dari total 667 koperasi yang ada di Kabupaten Pamekasan itu, sebanyak 40 koperasi diantaranya merupakan koperasi syariah, dan sebanyak 627 sisanya merupakan koperasi Non-Syariah. [Baca Juga: Pemkab Pamekasan Usulkan 7.182 Pelaku UMKM Dapat Bantuan]

“Yang koperasi syariah ini perinciannya meliputi, 23 koperasi wanita dan kelompok pengajian, kemudian, 17 Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS),” kata Fata menjelaskan.

Sesuai ketentuan, pada tanggal 21 Juni 2019, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumhan) telah menerbitkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pengesahan Koperasi (Permenkumham No.14/2019). Hal ini merupakan tindak lanjut dari keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perijinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission), yang diterbitkan pada tanggal 21 Juni 2018.

Pada peraturan tersebut telah mengalihkan kewenangan pengesahan, perubahan, dan pembubaran koperasi dari Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah kepada kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum, dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM.

Dengan adanya peralihan tersebut, maka untuk pendirian koperasi, perubahan atau pembubarannya, masyarakat tidak lagi mengurusnya lewat Dinas Koperasi, tetapi dapat langsung melalui notaris yang akan memprosesnya melalui layanan online AHU Kementerian Hukum dan HAM.

Pengalihan kewenangan ini telah diatur dalam Pasal 14 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS), sebagaimana tercantum di dalam ayat 2 yang menyebutkan bahwa “Pengesahan koperasi oleh Pemerintah Pusat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi pengesahan akta pendirian koperasi, perubahan anggaran dasar koperasi, serta pembubaran koperasi oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum”.

Dengan demikian, ada perbedaan antara sebelumnya terbitnya Permenkumham Nomor: 14 Tahun 2019 dengan sesudahnya. [Baca Juga: HILMA Dukung Pembangunan Berkesinambungan di Pamekasan]

Sebelumnya, pelayanan pengesahan akta pendirian koperasi, perubahan anggaran dasar koperasi, serta pembubaran koperasi sepenuhnya diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. Pemohon mengajukan permohonan pengesahan secara tertulis kepada pejabat berwenang dilengkapi dengan persyaratan administrasi.

Setelah diterbitkannya peraturan tersebut, maka pelayanan pengesahan akta pendirian koperasi, perubahan anggaran dasar koperasi, serta pembubaran koperasi sepenuhnya diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, sejalan dengan akan diberlakukannya Online Single Submission (OSS).

Pemohon dalam mengajukan pengesahan, perubahan, dan pembubaran koperasi menjadi lebih mudah dan efisien dengan hanya mengunggah dokumen-dokumen melalui AHU Online sebelum mengakses sistem OSS.

Selain itu, Permenkumham No.14/2019 ini diterbitkan untuk mencabut Peraturan Menteri Koperasi Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan dan Pembinaan Perkoperasian.

Di Pamekasan, menurut Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Abdul Fata, jumlah koperasi yang terdaftar dan memiliki SK Kemenkumhan baru 11 koperasi dari total 667 koperasi yang terdata di dinas itu.

“Dinas akan terus mendorong para pengurus koperasi yang belum memiliki SK Kemenkumham ini untuk segera mengurusnya, karena ini juga berkaitan dengan eksistensi koperasi itu sendiri, serta legalitas hukum dari koperasi tersebut,” kata Fata.

Diantara upaya yang telah dan akan dilakukan untuk merealisasikan hal tersebut, dengan mengikut sertakan pengurus koperasi dalam pelatihan, kemudian melakukan pendampingan pelaporan RAT dengan menerjunkan 5 penyuluh yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Pamekasan.

“Selain itu, kami juga meminta melakukan studi banding untuk koperasi yang tidak aktif ke koperasi yang aktif,” paparnya.

Kepala Diskop lebih lanjut menjelaskan, pihaknya bertekad berupaya mendukung program 10.000 wirausaha baru yang menjadi salah satu program prioritas Bupati Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja’e (Berbaur), karena program tersebut memang efektif dalam memberdayakan perekonomian rakyat Pamekasan. [Baca Juga: Diskop Sediakan Dana Rp5 Miliar untuk Dukung Program Wirausaha Berbaur]

Saat ini, kata Fata, pihaknya memiliki binaan 425 wirausaha baru yang juga sudah diikutsertakan dalam pelatihan wirausaha baru yang diprakarsai dinas tenaga kerja dan transmigrasi (Disnakertrans) Pamekasan.

“Dan khusus untuk pembinaan wirausahaan baru ini, Diskop menyediakan dana sebesar Rp5 miliar untuk membantu modal usaha,” katanya, menjelaskan. (A1/HS/PAMEKASAN HEBAT)

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s