Sandiaga Uno Dukung Branding Batik Pemkab di Mobil Dinas

Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Salahuddin Uno membeli batik “Sekar Jagat” di kios batik Pasar 17 Agustus, Kelurahan Bugih, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (20/1/2019)

PAMEKASAN HEBAT – Calon Wakil Presiden Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mendukung branding batik tulis di semua mobil dinas milik Pemkab Pamekasan, karena sangat membantu perajin dalam meningkatkan perekonomian masyarakat perajin dan pedagang batik di wilayah itu.

“Itu bagus,” kata Sandi disela-sela kunjungannya di sentra batik tulis Pasar Tradisional 17 Agustus, Kelurahan Bugih, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (20/1/2019) sore.

Bahkan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia nomor urut 2 ini, kagum dengan desain batik Pamekasan yang dijual pedagang batik di pasar itu.

Selain desainnya halus, warnanya juga cerah, sehingga cocok untuk kalangan masyarakat milenial.

“Saya ingin beli satu untuk istri saya yang khas Pamekasan,” kata Sandi saat mengunjungi kios batik Al-Abrar milik Abdurrahman di kios batik Pasar 17 Agustus itu.

Sandi langsung memilih batik motif Sekar Jagad klasik seperti motif batik yang dibranding di mobil dinas milik Pemkab Pamekasan dengan harga Rp1 juta. [Baca Juga: Unira Bantu Promosikan Batik Pamekasan ke Mahasiswa Filipina]

Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno saat berdialog dengan pelaku UKM di Pasar Tradisional 17 Agustus, Minggu (20/1/2019).

Menurut Abdurrahman, harga motif batik Sekar Jagad Klasik itu memang mahal, karena proses produksinya sangat lama, yakni 1 bulan untuk satu lembar batik.

“Kalau motif batik `Sekar Jagad` biasa Rp250 ribu per lembar. Tapi khusus yang ini memang jauh lebih mahal, bahkan yang seharga Rp5 juta juga ada,” ucap Rahman, sapaan pedagang yang juga perajin batil tulis Pamekasan ini.

Batik Sekar Jagad merupakan satu dari 114 motif batik khas Pamekasan yang populer di kalangan masyarakat Madura. [Baca Juga: Menguatkan Identitas Pamekasan Sebagai Kota Batik]

Beberapa waktu lalu, Pemkab Pamekasan menjadikan jenis motif batik Sekar Jagad ini, menjadi branding batik tulis di semua kendaraan dinas pemkab, baik kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Cawapres Sandiaga Uno menyatakan, selain mendukong branding batik tulis di mobil dinas seperti dilakukan Pemkab Pamekasan, pihaknya juga berjanji akan membantu mempromosikan batik tulis di Pulau Madura lebih dikenal lagi.

“Kita akan memberikan bantuan lebih banyak biaya pemasaran. Kita akan bentuk, multy company diantaranya para wirausahawan batik di Madura jni,” ujar Sandi. [Baca Juga: Menteri Koperasi Puspayoga Kagum Batik Tulis Pamekasan]

Cawapres nomor urut 2 ini datang ke Pamekasan dalam rangka lawatan dan agenda kampanye di wilayah Jawa Timur.

Sebelum ke Pamekasan, Sandi juga melakukan kunjungan ke sejumlah daerah, yakni Surabaya dan Sampang, lalu ke Kabupaten Pamekasan.

Di kota ini, Sandi mengunjungi tiga lokasi, yakni Pasar Tradisional 17 Agustus, Pondok Pesantren Banyuanyar dan Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Bata-bata, Palengaan, Pamekasan. (PAMEKASAN HEBAT)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close