Tim Gabungan Temukan 120 Bal Tembakau Jawa Masuk Pamekasan

PAMEKASAN HEBAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menemukan sebanyak 120 bal tembakau Jawa masuk ke wilayah itu selama operasi tata niaga tembakau digelar pada musim panen tahun ini.

Tembakau Jawa sebanyak 120 bal yang ditemukan dibawa ke Kabupaten Pamekasan berasal dari Kraksan Probolinggo. “Tim langsung memproses temuan itu ke Pengadilan Negeri Pamekasan setelah dilakukan penyidikan,” kata Kepala Bidang Perundang-Undangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Pamekasan Yusuf Wibiseno dalam keterangan persnya kepada media di Pamekasan Senin (28/9/2020).

Tembakau Jawa yang dibawa masuk ke wilayah Kabupaten Pamekasan itu milik warga Desa Larangan Luar Kecamatan Tlanakan.

Selain tembakau Jawa, petugas juga menemukan 15 kantong cengkeh di mobil yang mengangkut lembakau itu. [Baca Juga: Sidak Bupati: Harga Tembakau Tembus Rp42 Ribu/KG]

Pemiliknya mengaku bukan untuk campuran tembakau Madura, akan tetapi hendak dibuat rokok lintingan.

Menurut Yusuf, kasus itu langsung disidangkan di Pengadilan Negeri Pamekasan dan pemiliknya telah divonis bersalah dengan hukuman 1 bulan masa percobaan 2 bulan dengan tanpa hukuman.

“Kecuali yang bersangkutan dalam 2 bulan melakukan tindak pidana lagi, maka harus menjalani masa hukuman 1 bulan tersebut,” kata Yusuf, menjelaskan putusan hakim. [Baca Juga: Tim Gabungan Razia Armada Pengangkut Tembakau]

Putusan hakim yang menangani kasus ini tergolong ringan, karena tembakau yang dipasok warga Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan itu untuk diproduksi menjadi tembakau lintingan, bukan untuk dicampur tembakau Madura.

Pemerintah Kabupaten Pamekasan melarang warga Pamekasan mencampur tembakau Jawa dengan tembakau Madura guna menjaga kualitas tembakau, sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Tata Niaga Budidaya dan Perlindungan Tembakau Madura.

Salah satu poin dalam Perda itu dijelaskan bahwa untuk menjaga kualitas tembakau Madura, maka dilarang mencampur tembakau Madura dengan tembakau dari luar, karena dengan cara seperti itu akan merusak kualitas tembakau Madura. (PAMEKASAN HEBAT)

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s