Pemkab Pamekasan Lakukan Pengeboran di 194 Titik untuk Pemenuhan Air Bersih

Salah satu lokasi pengeboran yang dilakukan Pemkab Pamekasan di Dusun Prapatan Desa Palengaan.

PAMEKASAN HEBAT – Ketersediaan air bersih yang minim saat musim kemarau sepertinya menjadi persoalan klasik yang melanda Kabupaten Pamekasan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan memberikan bantuan berupa penyediaan sarana air bersih melalui pengeboran air bawah tanah.

Pelaksanaan pengeboran air tanah tersebut dilakukan Pemkab Pamekasan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan.

Kepala DPKP Muharram kepada KIM PAMEKASAN HEBAT di Pamekasan, Rabu (9/9/2020) mengatakan, program penyediaan air bersih melalui pengeboran air bawah tanah ini dirasa sangat efektif untuk mengatasi persoalan pemenuhan kebutuhan air bersih, khususnya masyarakat di daerah yang kesulitan air. [Baca Juga: Media Sosial Bupati Baddrut Tamam untuk Membentu Promosi UMKM Warga]

“Ini yang menjadi komitmen Pemkab Pamekasan dibawah kepemimpinan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja’e, yakni mengatasi kekeringan dan kekurangan air bersih,” kata Muharram.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan menyebutkan, bahwa kekeringan yang melanda Pamekasan pada tahun 2019 lalu sebanyak 325 dusun di 82 desa yang tersebar di 11 kecamatan.

Tahun ini, kekeringan di Kabupaten Pamekasan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yakni, terdapat 311 dusun di 77 desa.

Hal itu, disebabkan adanya pengeboran pada tahun 2018 sebanyak 68 lokasi, dan tahun 2019 sebanyak 61 lokasi yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan. [Baca Juga: HILMA Dukung Pembangunan Berkesinambungan di Pamekasan]

Lokasi pengeboran di Dusun Tengah, Desa Mapper, Kecamatan Proppo, Pamekasan.

“Alhamdulillah tahun 2018 hingga 2019 lalu, di Pamekasan sudah dilakukan pengeboran sumber air bersih sebanyak 129 titik lokasi,” katanya Rabu (9/9/2020).

Ia mengatakan, program penyediaan air bersih ini bekerjasama dengan PT Prisma. Penentuan titik lokasi yang memiliki potensi air dilakukan melalui sistem geolistrik.

Muharram memaparkan, tahun 2020 ini pihaknya terus melakukan pengeboran mencari titik sumber air guna mensukseskan program kesejahteraan rakyat yang dicanangkan oleh Bupati Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja’e melalui penyediaan air bersih.

“Dukungan dari semua elemen masyarakat tentu sangat harapkan, karena bagaimanapun program yang baik ini perlu dukungan dan komitmen dari semua pihak,” ucap Muharram. (A1/HS/PAMEKASAN HEBAT)

Baca Juga Artikel Lainnya:

Satu pemikiran pada “Pemkab Pamekasan Lakukan Pengeboran di 194 Titik untuk Pemenuhan Air Bersih

  1. Krmat tlanakan pamekasan belum tersentuh sama sekali, mohon pihak yg berwenang memerhatikan daerah kami. Kami pesisir juga masyarakat pamekasan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s