Cara Mengecek Data Wartawan Yang Telah Lulus Uji Kompetensi di Website Dewan Pers

PAMEKASAN HEBAT – Dewan Pers menyediakan website khusus yang menyajikan data tentang pers, seperti data perusahaan pers, wartawan, organisasi pers dan lembaga penyelenggara uji kompetensi.

Semua data terverifikasi diumumkan di situs resmi dewan pers, termasuk data wartawan yang telah mengikuti uji kompetensi yang digelar oleh Dewan Pers bersama lembaga mitra penyelenggara uji kompetensi tersebut.

Berikut ini cara mudah untuk mengecek data wartawan yang telah mengikuti uji kompetensi dan telah dinyatakan lulus oleh penguji:

DP-1Pertama, buka situs dewan pers pada laman: dewanpers.or.id (https://dewanpers.or.id). Di laman ini tersaji beberapa menu pada bagian bawah, yakni pengaduan online, status pengaduan, sertifikasi, data pers, pendataan media, dan lembaga uji kompetensi.

DP-2Kedua, klik sertifikasi. Anda secara otomatis akan diarahkan pada laman: https://dewanpers.or.id/data/sertifikasi_wartawan. Di laman ini, tersaji secara lengkap tentang data wartawan yang telah dinyatakan lulus uji kompetensi dari semua tingkatan, seperti muda, madya, dan utama.

Selanjutnya anda tinggal mengetik nama wartawan atau nama media. Maka, wartawan yang mengikuti uji kompetensi dan telah dinyatakan lulus akan muncul di situs ini.

Misal, jika anda ingin mengetahui wartawan Koran Harian Kabar Madura yang telah mengikuti uji kompetensi, maka anda tinggal mengetik nama ‘Kabar Madura’ pada nama media di kanal ini. Semua nama-nama wartawan akan muncul di situs Dewan Pers tersebut.

Selain menampilkan jenjang kompetensi, juga ditampilkan lembaga uji, seperti PWI, atau lembaga lain yang ditunjuk sebagai mitra penyelenggara uji kompetensi Dewan Pers. (KIM PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s