Bupati Baddrut Tamam Paparkan Tiga Syarat Jadi Generasi Hebat

PAMEKASAN HEBAT – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam memaparkan gagasannya di hadapan mahasiswa Yogyakarta di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Kamis (27/5/2021), tentang syarat menjadi generasi hebat, yakni generasi unggul, berkualitas, yang berguna bagi bangsa dan agama yang menurutnya ada tiga syarat.

“Setidaknya ada tiga syarat yang wajib dipenuhi untuk mempersiapkan generasi unggul masa depan,” katanya saat menyampaikan sambutan pada acara mahasiawa Yogyakarta di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Kamis (27/5/2021).

Syarat pertama, menurut bupati, memiliki trust (bisa dipercaya) kepada publik. Sebab, kepercayaan menjadi modal utama dalam setiap aktivitas seseorang. Trust atau kepercayaan merupakan kunci utama.

Dalam konteks nilai-nilai ke-Islam-an, trust bisa berarti shiddiq, amanah, tabligh dan fatonah, dan apabila pemimpin berpondasikan empat nilai pokok ke-Islam-an itu, maka yang bersangkutan berpotensi memiliki kepercayaan tinggi di kalangan masyarakat.

Syarat kedua, memiliki kemampuan epistemologi bagus, sumber daya bagus dan mampu melakukan kreasi dan akselerasi, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan aktual dengan banyak membaca, sebagaimana juga menjadi sumber pokok Islam, bahwa membaca merupakan intisasi dan hakikat akan jadi diri manusia sebagai khalifah fil ardi.

“Yang ketiga mau melangkah dengan cepat, kalau kita tidak cepat pasti akan ditinggal. Dulu orang mau dibilang pengusaha hotel harus bangun hotel dulu, tetapi sekarang tidak. Sudah bisa melalui HP kita,” kata bupati.

Dalam konteks ini, bupati mencoba ingin membuka wawasan mahasiswa itu, bahwa modal material bukan satu-satunya modal utama bagi seseorang dalam menjalankan usaha, akan tetap kecanggihan berfikir dan kemampuan memanfaatkan teknologi juga bisa menjadi modal.

Bupati murah senyum ini melanjutkan, era industri 4.0 menuntut seseorang untuk bekerja cepat. Sehingga, generasi yang mampu berkompromi dengan teknologi akan menjadi generasi pemenang di masa yang akan datang.

“Kecanggihan teknologi ini membuat kita harus cepat. Makanya, mahasiswa sebagai generasi masa depan harus mempersiapkan itu,” kata Baddrut Tamam. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s