Perkampungan Nelayan di Pamekasan Dilanda Banjir Rob

PAMEKASAN HEBAT – Banjir rob, yakni banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai, melanda perkampungan warga di pesisir Pantai Kotasek, Desa Tanjung, Pamekasan, Kamis (27/5/2021).

“Saat ini, gedangan banjir sudah memasuki halaman rumah warga,” kata anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Eros di lokasi kejadian seperti dilaporkan pada komunitas Pamekasan Hebat.

Banjir rob yang melanda perkampungan warga di Dusun Kotasek, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu ini telah menggenangi puluhan halaman rumah warga dengan ketinggian genangan air antara 20 hingga 30 Cm.

Petugas berupaya menenangkan warga dan meminta masyarakat yang tinggal di lokasi terdampak banjir tidak panik.

Selain di Dusun Kotasek, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, banjir rob juga terjadi di Pantai Talang Siring, Desa Montok, Kecamatan Larangan.

Jalan raya di sepanjang pesisir pantai ini, terlihat tergenang air laut, akibat ombak besar yang disertai angin kencang.

Hanya saja di lokasi ini, genangan air tidak sampai ke rumah-rumah warga, sebagaimana di Dusun Kotasek, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu.

Menurut catatan ANTARA, banjir rob yang terjadi kali ini merupakan kali kedua dalam dua tahun terakhir ini.

Pada 2020, kejadian serupa juga terjadi pada Juni 2020 dengan sebaran warga terdampak sama, sebagaimana banjir rob kali ini.

Menurut Supervisor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono, banjir rob ini, sebagai dampak dari gerhana bulan total pada Rabu (26/5). Banjir rob berpotensi terjadi karena daya tarik matahari dan bulan saat gerhana bulan total dapat meningkatkan pasangnya air laut.

“Gerhana berpengaruh terhadap ketinggian pasang karena gaya tarik bulan dan matahari yang sejajar dapat meningkatkan terjadinya pasang tinggi,” kata Budi, menjelaskan.

Ia lebih lanjut menjelaskaskan, kejadian banjir rob itu merupakan peristiwa biasa, sehingga warga yang tinggal di sepanjang pesisir pantai dan terdampak banjir rob tidak panik. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s