Bupati Badrut Tamam Dukung Provinsi Madura untuk Kesejahteraan

PAMEKASAN HEBAT – Bupati Pamekasan Badrut Tamam menegaskan dirinya setuju dan mendukung keinginan masyarakat membentuk Provinsi Madura apabila tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Pulau Garam itu, bukan berorientasi pada kekuasaan.

Badrut Tamam mengungkapkan hal itu saat menjadi pembicara dalam Sarasehan Kepulauan bertema “Madura Menjadi Provinsi, Layak atau Tidak?” yang digelar oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan, di Mandhepa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Kamis (3/3/2021).

Selain Bupati Badrut Tamam yang juga menjadi pemateri dalam acara sarasehan itu, anggota DPR RI Slamet Hariyadi dari Daerah Pemilihan wilayah Madura, Sekretari MUI Pamekasan Drs Imam Santoso dan Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Pamekasan Hudan Nasihin.

“Mengelola sebuah daerah tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, jabatan dan kursi kepemimpinan bukan tujuan. Kalau provinsi ini strategi kesejahteraan saya pasti setuju, tetapi kalau provinsi ini strategi kekuasaan, saya tidak setuju. Karena jabatan bagi saya bukan tujuan,” katanya.

Dia lalu mencontohkan mengenai dirinya yang menjadi Bupati Pamekasan. Kursi bupati yang ditempatinya bukan tujuan, akan tetapi hanya alat membawa kabupaten ini menjadi kabupaten yang bersaing dengan kabupaten maju di Indonesia dengan membangun manajemen pemerintahan baru dengan habit baru pula.

Membangun pemerintahan dengan habit baru, kata dia, akan banyak kendala. Sebagai pemimpin harus menerima sebagai konsekuensi, sehingga kesetiakawanan dan etos daerah Madura perlu ditingkatkan bersama untuk mengetahui arah jalan yang dituju, bekal yang dibutuhkan sehingga bisa bersaing dengan daerah hebat lainnya.

Dia mengatakan Madura memiliki potensi luar biasa. Dengan berpondasikan etos Madura dalam membangun, yakni berpondasikan local wisdom yang berpedoman pada pribahasa “Bhapak, Babhuk, Guru Rato”, kemudian ditambah dengan kecerdasan dan inovasi, ditambah lagi dengan semangat kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW, yakni shiddiq, amanah, tabligh, dan fatonah.

“Kalau prinsip ini menjadi pedoman dan diterapkan oleh kita semua, kemudian menepis beberapa orang yang paham salah dan salah paham, insya Allah kita akan luar biasa. Kalau ini bisa kita laksanakan, provinsi itu hal kecil. Provinsi bukan hanya sekadar provinsi, akan tetapi provinsi yang bisa terus bersaing dengan provinsi yang maju di Indoensia dan bahkan di dunia,” katanya, menjelaskan.

Potensi ekonomi yang dimiliki Madura sangat luar biasa. Baik melalui provinsi atau tidak menjadi provinsi, jika dikembangkan dengan baik maka akan menjadikan Madura maju dan sejahtera. “Menjadi provinsi itu soal berikutnya. Yang paling penting sekarang bagaimana Madura maju dan bisa sejahtera dan makmur,” katanya, menjelaskan.

Selain memiliki potensi sumberdaya alam yang baik, kata Badrut Tamam, Madura juga memiliki potensi luar biasa di bidang etos dan semangat kerja. Istilah Bhepak Bhebuk Guru Rato, adaalah etos luar biasa orang Madura. Banyak orang Madura merantau ke luar daerah yang sukses pulang bawa harta yang banyak, itu indicator bahwa orang Madura ini etosnya kerjanya, semangat juangnya luar biasa. (A1/NVL/PAMEKASAN HEBAT)

Baca Juga Artikel Lainnya tentang Pamekasan:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s