Jumlah Penduduk Perempuan di Pamekasan Lebih Banyak Dibanding Laki-laki

PAMEKASAN HEBAT – Badan Pusat Statistik (BPS), mencatat jumlah penduduk Kabupaten Pamekasan hasil Sensus Penduduk 2020 (SP2020) sebanyak 850.057 jiwa, dan dari jumlah itu, penduduk dengan jenis kelamin peremuan lebih banyak dibanding laki-laki, yakni 433.096 jiwa atau 50,95 persen, sedangkan laki-laki hanya 416.961 jiwa atau 49,05.

“Dengan data ini, maka rasio jenis kelamin penduduk di Kabupaten Pamekasan sebesar 96,27, yang artinya terdapat 97 laki-laki per 100 orang perempuan di tahun 2020,” kata Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Pamekasan Ida Wahyuni.

Selain itu Ida Wahyuni juga menambahkan jika dalam rasio jenis kelamin ada beberapa variasi menurut kelompok umur.

Pada kelompok usia hingga 29 tahun jumlah laki-laki lebih banyak dari pada perempuan, namun pada kelompok umur 29 keatas jumlah laki-laki lebih sedikit dari pada jumlah perempuan.

Sementara secara nasional berbanding terbalik dengan data di Kabupaten Pamekasan. Jumlah penduduk Indonesia dengan jenis kelamin laki-laki lebih banyak dibanding jumlah penduduk perempuan.

Penduduk laki-laki berjumlah 136 juta orang atau 50,58 persen, sedangkan jumlah penduduk perempuan berjumlah 133,54 juta orang atau 49,42 persen dari penduduk Indonesia.

Dengan angka tersebut, rasio jenis kelamin penduduk Indonesia sebesar 102 yang artinya, terdapat 102 laki-laki untuk setiap 100 perempuan di Indonesia pada 2020.

Sementara itu, kabupaten dengan jumlah perempuan tertinggi dibandingkan laki-laki di Indonesia seperti dilansir situs kompas.com adalah Kabupaten Sumenep yang jumlah penduduk perempuannya lebih tinggi 34,032 jiwa daripada laki-laki.

Sementara dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, hanya ada 4 provinsi yang memiliki jumlah penduduk perempuan lebih banyak dari laki-laki, yakni pertama, Provinsi Sulawesi Selatan penduduk perempuannya lebih tinggi 58.663 jiwa dibanding laki-laki, kedua Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang jumlah penduduk perempuannya lebih tinggi 39.584 jiwa dari laki-laki. Ketiga Provinsi Jawa Timur dengan penduduk perempuannya lebih tinggi 31.531 jiwa daripada laki-laki, dan yang keempat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang jumlah penduduk perempuannya lebih tinggi 4.632 jiwa dibanding laki-laki. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s