50.374 Keluarga Terdampak COVID-19 Terima Bantuan Beras

PAMEKASAN HEBAT – Sedikitnya 50.374 keluarga terdampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pamekasan, menerima bantuan beras dari pemerintah untuk mengurangi beban hidup mereka akibat pandemi tersebut.

“Ke 50.374 keluarga yang akan menerima bantuan beras ini yang tercantum sebagai penerima bantuan dalam program keluarga harapan (PKH),” kata Koordinator Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Pamekasan Hanafi, dalam keterangan pers yang disampaikan kepada media di Pamekasan, Selasa (22/9/2020).

Hanafi menjelaskan, masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan sebanyak 15 kilogram beras dan disampaikan langsung oleh para pendamping PKH yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan. [Baca Juga: Guru Honorer Terdampak COVID-19 Terima Bantuan Jaring Pengaman Sosial]

Jumlah KPM penerima bantuan beras ini, sesuai dengan Surat Keputusan pada Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) pada Juli 2020.

Bantuan beras ini berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos RI) dan diberikan kepada KPM penerima bantuan PKH. Sebenarnya, dalam SK itu disebutkan bahwa penyaluran bantuan mulau Agustus 2020 hingga Oktober 2020.

“Namun, baru bulan ini baru bisa disalurkan dan pola dengan melibatkan pendamping PKH, yakni 1 pendamping melayani 350 KPM,” kata Hanafi. [Baca Juga: Bupati Pamekasan Pimpin Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan]

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam sebelumnya menyatakan, upaya untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19 memang dilakukan secara terintegratif antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemkab Pamekasan, sesuai dengan kapasitas kewenangannya masing-masing.

Pemkab memberikan bantuan kepada warga yang tidak tercover pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Timur berupa jaring pengaman sosial dan bantuan langsung tunai (BLT).

“Cara ini dilakukan, agar program kesejahteraan yang dicanangkan pemerintah bisa mencakup lebih luas, karena di era pandemi COVID-19 ini, semua warga terdampak,” kata Baddrut Tamam. (PAMEKASAN HEBAT)

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s