Prevalensi Stunting di Jawa Timur

PAMEKASAN HEBAT – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, dr Hasto Wardoyo SpOG (K) menyebutkan, ada empat kabupaten di Jawa Timur yang masuk zona merah stunting, yakni dengan angka di atas 30 persen.

Masing-masing Kabupaten Bangkalan 38,9 persen, Kabupaten Pamekasan 38,7 persen, Kabupaten Bondowoso 37,0 persen, dan Kabupaten Lumajang 30,1 persen.

Dalam keterangan pers yang disampaikan kepada media pada Maret 2022 dijelaskan, bahwa salah satu faktor tingginya angka stunting di sejumlah daerah di Jatim itu karena jamban yang tidak layak, dan kurangnya air bersih.

Data BKKBN menyebutkan, di Kabupaten Bangkalan yang tidak memiliki jamban layak 33,7 persen, Pamekasan 30,9 persen, Bondowoso 51,6 persen, dan Lumajang 18 persen.

Selain itu, sebaran tingginya angka stunting juga dipengaruhi lingkungan, sosial, dan ekonomi. Ia juga menjelaskan, adanya beberapa daerah yang berhasil menekan angka stunting dengan berbagai inovasinya. Di antaranya Ngawi, Batu, dan Trenggalek.

Total angka stunting di Jawa Timur sebanyak 23 persen. Sedangkan angka stunting nasional sebesar 24,4 persen. “Kami menargetkan pada 2024 angka stunting secara nasional turun setidaknya sampai di angka 13,50 persen,” katanya.

Selain daerah zona merah stunting, ada sebanyak 18 kabupaten dan kota yang berstatus zona kuning stunting dengan prevalensi antara 20 hingga 30 persen di Jawa Timur. Di antaranya Sumenep, Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kota Malang, serta Nganjuk.

Berikutnya ada sebanyak 15 kabupaten/kota masuk kategori zona hijau dengan prevalensi stunting antara 10 hingga 20 persen. Di antaranya Ponorogo, Kabupaten Probolinggo, Trenggalek, dan Kota Batu.

Satu daerah, yakni Kota Mojokerto masuk zona biru dengan prevalensi di bawah 10 persen, yakni 6,9 persen. (RILIS BKKBN REPUBLIK INDONESIA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s