Diskominfo Serahkan Buku KIM Pamekasan Hebat ke Pemprov Jatim

PAMEKASAN HEBAT – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan menyerahkan buku hasil karya Kelompok Informasi Masyarakat Pamekasan Hebat (KIM PaHe) kepada Diskominfo Jawa Timur di acara workshop ‘Literasi Digital’ yang bertempat di Royal Senyiur Hotel, Kelurahan Prigen, kabupaten Pasuruan, Selasa (22/03/2022).

Penyerahan secara simbolis oleh Pranata Humas Ahli Muda pada Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Pamekasan, Imam Wahyudi, kepada Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Jatim mewakili Kadiskominfo Jawa Timur di meeting room Royal Senyiur Hotel.

Pranata Humas Ahli Muda Eko Setyawan mengaku bangga dan mengapresiasi karya buku KIM Pamekasan Hebat berjudul “KIHT dan Masa Depan Ekonomi Pamekasan” yang telah diterbitkan dan dapat diedarkan secara luas di Indonesia.

BUKU KIM PAMEKASAN4Menurutnya, berita maupun informasi yang dihimpun oleh KIM Pamekasan Hebat menjadi sebuah buku merupakan sebuah inspirasi bagi banyak pihak untuk mendorong lahirnya karya yang sama sebagai wujud kepedulian terhadap bangkitnya budaya literasi di Jawa Timur.

“Kami sangat mengapresiasi sekali terhadap apa yang telah dilakukan oleh teman-teman KIM Pamekasan, saya kira ini merupakan pencapaian luar biasa KIM Pamekasan Hebat bisa melahirkan buku,” ujarnya.

Eko menyebut, karya buku KIM Pamekasan Hebat merupakan bentuk pencapaian baru, khususnya di Jawa Timur.

“Ini tentu bisa menjadi pilot project baru bagi temen-temen KIM di daerah lain agar sama-sama bisa melahirkan buku seperti KIM di Pamekasan,” lanjut Eko.

“Terima kasih, saya sangat mengapresiasi buat temen-temen KIM di Pamekasan, program ini nanti kami replikasi di daerah lainnya,” ujarnya, menambahkan.

BUKU KIM PAMEKASANSementara, Imam Wahyudi, Pranata Humas Ahli Muda pada Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Pamekasan mengaku senang dan bahagia, karya KIM Pamekasan Hebat yang merupakan binaan Diskominfo Pamekasan dapat diterima dan diapresiasi oleh Diskominfo Jatim.

Menurut Yudis sapaan akrab Imam Wahyudi, keberadaan KIM di Pamekasan sangat membantu terhadap desiminasi informasi yang bisa disebarluaskan kepada masyarakat.

Di samping itu juga, KIM memiliki fungsi dan tugas untuk membuat berita dan informasi melalui website dan media sosial yang dibuatnya, KIM menjadi salah satu kekuatan di tingkat paling bawah, baik desa maupun kelurahan untuk menangkal informasi/berita bohong.

“Semoga karya KIM Pamekasan Hebat ini bisa menjadi penyemangat buat KIM yang lain baik di Pamekasan sendiri maupun KIM yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Pada acara workshop ‘Literasi Digital’ tersebut, selain menyerahkan buku hasil karya KIM kepada Diskominfo Pemprov Jatim, Yudis juga membawa 3 Perwakilan KIM, diantaranya, KIM Pamekasan Hebat, KIM Perona, dan KIM Bintang.

BUKU KIM PAMEKASAN2Buku yang diterbitkan KIM Pamekasan berjudul ‘KIHT dan Masa Depan Ekonomi Pamekasan’ merupakan bunga rampai yang ditulis oleh Ketua organisasi itu, Abd Aziz dan kawan-kawan. Buku setebal 158 halaman itu, bernomor ISBN: 978-623-5562-54-4 oleh CV Duta Media tersebut kini sudah mulai tersebar luas di Kabupaten Pamekasan, dan sebagian di Jawa Timur.

“Misi penerbitan buku dari informasi yang kami sajikan di media blog yang dikelola KIM Pamekasan Hebat ini adalah dalam rangka mendorong terciptanya iklim literasi di kalangan pengiat komunitas informasi,” kata penulis buku itu Abd Aziz yang juga Ketua KIM Pamekasan Hebat Periode 2020-2025.

BUKU KIM CUKAIAbd Aziz merupakan satu dari tiga penulis di buku perdana yang diterbitkan KIM Pamekasan Hebat itu. Dua penulis lainnya, masing-masing Moh Hasanudin dan Hasibudin.

“Buku ini memang bukan yang terbaik, akan tetapi apa yang kami lakukan, yakni mendokumentasikan catatan yang terserak di blog yang dikelola KIM menjadi sebuah buka adalah yang pertama di Jawa Timur, bahkan di tingkat nasional,” kata alumni pascasaraja jurusan Media dan Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya itu.

Sebelumnya, buku hasil karya KIM Pamekasan Hebat juga dikirimkan langsung oleh Bea Cukai Madura ke satuan kerjanya di kementerian keuangan. Bea Cukai Madura menganggap penyusunan buku berjudul ‘KIHT dan Masa Depan Ekonomi Pamekasan’ itu merupakan gagasan visioner dalam menumbuhkembangkan budaya literasi di kalangan pegiat KIM.

Bagi anda yang ingin memesan buku KIM Pamekasan Hebat dengan judul “KIHT dan Masa Depan Ekonomi Pamekasan” bisa memesan secara online melalui platform whatshap di nomor 081997711345. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s