Program RTLH Pamekasan 2022 Ditargetkan Mencapai 1.000 Unit

PAMEKASAN HEBAT – Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan Muharram menargetkan, program pemberdayaan masyarakat berupa bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada tahun 2022 bisa menyasar hingga 1.000 unit.

“Target hingga 1.000 unit ini, karena RTLH ini merupakan bagian dari program prioritas Pemkab Pamekasan di bidang infrastruktur,” katanya kepada pamekasanhebat.com, Senin (8/11/2021).

Selain itu, target menambah volume sasaran program RTLH di Pamekasan, karena jumlah warga yang tinggal di rumah tidak layak huni yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan masih banyak.

Jika volume sasaran program penerima bantuan bertambah, maka jumlah warga yang tinggal di rumah tidak layak huni semakin berkurang.

Total jumlah rumah warga Pamekasan yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di Kabupaten Pamekasan sebanyak 221.322 rumah. Dari jumlah itu, sebanyak 8.288 unit terdata masuk kategori sebagai rumah tidak layak huni (RTLH).

“Oleh karenanya itu, peningkatan volume sasaran perlu terus dilakukan, sehingga Pamekasan bisa segera lebih baik,” kata Muharram.

Berdasarkan data Pemkab Pamekasan, tahun 2020 Pemkab Pamekasan memperbaiki 464 unit rumah, dan tahun ini memperbaiki 722 unit yang bersumber dari APBD. Saat ini progres perbaikan RTLH mencapai 90 persen.

Sementara itu, program Pemkab Pamekasan mendapatkan apresiasi dari Kepala Desa Bungbaruh, Kadur, Pamekasan, A. Fauzi. Ia mengaku senang, bahkan terlihat menangis bahagia melihat rumah warganya yang semula buruk, kini sudah baik dan megah.

“Saya terharu terhadap program Bupati (RTLH, red), yang menjadi motivasi saya mengajukan RTLH, ada warga yang melaporkan di puncak gunung bahwa ada rumah tidak layak huni, kebetulan melahirkan,” kata A. Fauzi.

Berkat bantuan RTLH dari Pemkab Pamekasan, rumah warga itu kini menjadi bangunan utuh, dan layak ditempati.

“Kami sampaikan banyak terimakasih kepada Pemkab Pamekasan, Pak Bupati, asas manfaat bantuan rumah ini luar biasa, program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya. (A1/Hsp/ PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s