Penjualan Batik Meningkat 10 Kali Lipat Berkat Promosi Baddrut Tamam

PAMEKASAN HEBAT – Upaya membantu meningkatkan penjualan batik tulis hasil kerajinan warga Pamekasan terus dilakukan oleh Bupati Baddrut Tamam, dan diantaranya dengan mendatangkan Putri Indonesia ke Kabupaten Pamekasan serta meminta putri utusan Indonesia di ajang Miss Universe 2021 itu, memakai batik tulis Pamekasan, akhirnya dirasakan oleh para perajin batik Pamekasan.

Pengusaha batik tulis Pamekasan Ahmadi menyampaikan terima kasih kepada Bupati Baddrut Tamam yang telah berkomitmen mengembangkan potensi batik di daerahnya, serta membantu mempromosikan batik tulis Pamekasan dengan cara mengundang Putri Indonesia ke Pamekasan.

Pengusaha asal Desa Klampar, Kecamatan Proppo tersebut menegaskan, salah satu komitmen yang paling dirasakan oleh pengrajin batik ketika Bupati Pamekasan menviralkan sarung batik serta mencontohkan langsung dengan memakai sarung batik khas Pamekasan.

“Setelah pak bupati memakai sarung batik itu, banyak permintaan sarung batik ke kami. Bahkan, kemarin ada rombongan rektor PTAIN se Indonesia yang dari Makassar memborong sarung batik,” katanya, Rabu (31/3/2021).

PUTRI INDONESIAAbah Ahmadi menyampaikan, peningkatan permintaan batik sebenarnya tidak hanya sarung, melainkan baju dan kaos batik juga mengalami peningkatan yang luar biasa hingga 10 kali lipat dari sebelumnya.

“Kami Insyaallah sebentar lagi juga mendapat pesanan sarung batik hingga 10 ribu sarung dari salah satu pesantren di Jawa Timur,” terangnya.

Batik Pamekasan memiliki keunikah dan kekhasan tersendiri dibandingkan dengan batik luar daerah. Misalnya dari segi warga, motif dan lain-lain yang dapat membedakan antara batik Pamekasan dan batik Jawa.

“Alhamdulillah dalam setahun terakhir ini permintaan batik tinggi, para pengrajin sudah bergeliat. Karena bapak bupati luar biasa dalam mempromosikan batik ini,” tandasnya.

Menurutnya, kepedulian bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut sangat tinggi dalam mempromosikan batik khas daerahnya. Akibatnya, batik Pamekasan tidak hanya dikenal di tingkat regional, melainkan nasional hingga internasional.

“Semoga permintaan batik Pamekasan terus meningkat sehingga dapat mensejahterakan masyarakat. Saya sampaikan terimakasih kepada bapak bupati yang sangat peduli kepada batik,” pungkasnya.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam sebelumnya menyatakan, di era pandemi seperti sekarang ini membutuhkan terobosan baru agar perekonomian bisa tetap berkembang. Salah satunya melalui promosi tokoh terkenal dan pemanfaatan media.

“Semua ini kita lakukan demi kesejahteraan masyarakat Pamekasan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan Pemkab Pamekasan adalah mendorong pertumbhan ekonomi melalui promosi efektif dan memiliki sebaran luas,” katanya.

Miss Unverse 2021
batik pamekasanSebelumnya, pada 27 Maret 2021, Putri Indonesia RR Ayu Maulida datang langsung ke Pamekasan bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Jawa Timur Arumi Bachsin, dan menyatakan kesediaannya untuk menggunakan batik tulis Pamekasan di ajang itu, bahkan yang bersangkutan turut mengikuti acara peluncuran Batik Pamekasan Go Internasional.

Batik tulis yang akan digunakan Putri Indonesia itu, batik tulis hasil kerajinan warga Desa Toket, Kecamatan Proppo, Pamekasan yang dikenal dengan masyarakat Pamekasan dengan sebutan “Batik Toket”.

Putri Indonesia tertarik menggunakan batik Pamekasan di ajang kontes kecantikan para putri dari berbagai negara di dunia itu, setelah mengetahui secara langsung tentang kualitas dan keindahan batik tulis Pamekasan.

Awalnya, ia tidak menyangka Pamekasan memiliki potensi batik yang luar biasa, dan kualitasnya tidak kalah dengan batik tulis dari daerah lain di Indonesia.

“Dia bilang, saya sangat bangga sekali, dan Pamekasan ini merupakan salah satu kekayaan dari Indonesia dan batik Pamekasan ini sangat bagus,” ujar Baddrut Tamam, menirukan pernyataan Putri Indonesia RR Ayu Maulida saat datang ke Pamekasan kala itu.

putri indonesia berbaurPutri Indonesia yang menguku berasal dari Jawa Timur itu lebih lanjut mengemukakan, dirinya memiliki tugas serta tanggung jawab besar dalam melestarikan kekayaan Indonesia. Salah satunya batik Pamekasan agar bisa menjadi inspirasi wanita di Indonesia dan dikenal di seluruh dunia.

“Ayuma” sapan karib RR Ayu Maulida juga menyanggupi, selain akan memperkenalkan batik tulis Pamekasan secara khusus di ajang internasional, juga akan akan membawa beberapa souvernir dari Jawa Timur akan dibagikan kepada puteri-puteri cantik dari 90 negara di dunia yang hadir di ajang pencarian Ratu Tercantik Sejagad itu akan dihelat pada 16 Mei 2021.

“Dari Pemkab Pamekasan juga akan memberikan semacam selendang kecil atau syal untuk dibagikan kepada seluruh peserta yang akan kita buat khusus. Saya akan berusaha dan beberapa pilihan warna akan kita siapkan,” ujar bupati.

Mantan anggota DPRD Jatim dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, upaya mempromosikan batik tulis haris merajinan masyarakat Pamekasan di kancah internasional itu, karena dirinya ingin batik tulis Pamekasan lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Selama ini, kata Baddrut, batik tulis Pamekasan memang telah banyak dipasok ke luar negeri, seperti Malaysia, Brunai Darussalam, dan beberapa negara lainnya di Asia.

Kabupaten Pamekasan termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki komitmen pengembangan usaha batik, bahkan semua kendaraan dinas milik Pemkab Pamekasan dibranding batik tulis Pamekasan sebagai upaya untuk membantu perajin batik mempromosikan hasil kerajinan mereka. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s