PWI Pamekasan Dialogkan COVID-19 dan Upaya Pencegahannya

PAMEKASAN HEBAT – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan mendialogkan tentang Penyebaran COVID-19 dan upaya pencegahannya dalam program “spektrum”, dan kegiatan itu terselenggara berkat kerja sama antara PWI Pamekasan, JTV Madura, Radio Ralita FM dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pamekasan Hebat.

Dasar pemikiran tentang pembahasan tema dialog tersebut, karena Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) merupakan virus yang mewabah di hampir semua negara di dunia, dan jenis penyakit ini telah membuat tatanan kehidupan di dunia berubah secara total.

Penyebaran jenis pernyakit yang pertama kali terjadi di Wuhan China tersebut pada akhir 2019. Dampaknya, tidak hanya pada bidang kesehatan saja, akan tetapi pada semua dimensi kehidupan manusia, baik ekonomi, politik, termasuk di bidang pendidikan.

Hingga 6 Februari 2021, total jumlah warga di dunia yang terkonfirmasi positif terpapar virus corona jenis baru (COVID-19) ini telah mencapai 105.842.572 orang, dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 2.310.861 orang.

Di Indonesia, warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 sudah mencapai 1.147.010 orang, dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 31.393 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 117.294 orang di antaranya berada di Jawa Timur, dengan jumlah korban meninggal dunia per 6 Februari 2021 mencapai 8.114 orang.

Sementara di Madura, berdasarkan data komparasi dari rilis Satgas COVID-19 Pemprov Jatim per 5 Februari 2021 sebanyak 4.895 orang, dengan perincian sebanyak 4.181 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh, 346 orang meninggal dunia, dan sebanyak 368 orang lainnya masih menjalani perawatan.

Di Pulau Madura ini, Kabupaten Sumenep terdata paling banyak warga positif COVID-19, lalu Bangkalan pada urutan kedua, dan urutan ketiga Pamekasan, serta yang paling sedikit Kabupatan Sampang.

Menurut data Satgas COVID-19 yang dirilis Pemprov Jatim pada 5 Februari 2021, jumlah total warga Sumenep yang terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 sebanyak 1.654 orang, 1.535 sembuh, dengan korban meninggal dunia sebanyak 102 orang. Bangkalan terdata sebanyak 1.482 orang, sembuh 1.116 orang, dan yang meninggal dunia sebanyak 133 orang.

Di Pamekasan sebanyak 1.015 warga terkonfirmasi positif terpapar COVID-19, 871 orang sembuh, dan sebanyak 77 orang lainnya meninggal dunia.

Sementara di Kabupaten Sampang, terdata sebanyak 744 orang positif COVID-19, 659 orang sembuh dan sebanyak 34 orang terdata meninggal dunia akibat terpapar virus corona jenis baru tersebut.

Upaya untuk memberantas penyebaran COVID-19 telah dilakukan pemerintah. Selain menegakkan disiplin protocol kesehatan, pemerintah kini juga mulai dilakukan vaksinasi.

“Oleh karena itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan memandang perlu membahas mengenai hal ini sebagai upaya untuk membuka wawasan sekaligus untuk mengetahui upaya dan program organisasi perangkat daerah di Lingkungan Pemkab Pamekasan melalui program spektrum,” kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, Abd Aziz, Selasa (9/2/2021)

“Dialog Publik dalam program ‘Spektrum’ ini sebagai salah satu bentuk pendidikan publik yang solutif, sebagai upaya menggugah kesadaran publik berperan serta dalam ikut mensukseskan program pembangunan di Pamekasan dan ikut mencegah penyebaran COVID-19,” katanya, menambahkan.

Pada dialog ini, kata Aziz, pihaknya mengundang dua narasumber, yakni dari Dinas Kesehatan Pemkab Pamekasan dan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Pemkab Pamekasan.

Tentang Spektrum PWI Pamekasan
Dialog Publik dalam program “Spektrum” sebagai salah satu bentuk pendidikan publik yang solutif, sebagai upaya menggugah kesadaran publik berperan serta dalam ikut mensukseskan program pembangunan di Pamekasan. Data lengkap dan pendukung sangat dibutuhkan, karena materi dialog ini nantinya juga dibutuhkan para jurnalis dari berbagai media sebagai bahan pemberitaan.

Isi dari dialog publik ini, juga dinarasikan dalam bentuk berita atau artikel hasil kerja sama antara PWI Pamekasan dengan media online lokal Madura, dan kelompok informasi masyarakat (KIM) Pamekasan Hebat (pamekasanhebat.com), sehingga penyebaran informasi dalam isi dialog akan lebih luas ke berbagai media lain dan bisa diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.

Dialog publik dengan nama “Spektrum” hasil kerja sama PWI Pamekasan dengan JTV Madura dan Radio Ralita FM dan KIM Pamekasan Hebat (pamekasanhebat.com) digelar rutin setiap seminggu sekali, dengan tema-tema aktual tematik dan menjadi perhatian publik di Kabupaten Pamekasan, baik tentang peristiwa, sosial, ekonomi, politik, tata kelola pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan kebijakan publik, sebagai bentuk sumbangsih pemikiran dalam berupaya mewujudkan Pamekasan lebih baik. (A1/HSN/PAMEKASANHEBAT.COM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s