Dinkes Pamekasan Tingkatkan Cakupan Imunisasi Polio Anak

PAMEKASAN HEBAT – Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan terus berupaya meningkatkan cakupan imunisasi polio anak, karena kini cakupannya masih rendah akibat pandemi COVID-19.

“Hingga saat ini imunisasi polio pada anak baru mencapai 3.334 dari total 13.872 anak yang menjadi sasaran imunisasi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Hidayat seperti dilansir media.

Hidayat menuturkan, ke 13.872 anak yang menjadi sasaran imunisasi meliputi imunisasi oral polio vaksin sebanyak 6.030 anak dan imunisasi suntik polio vaksin sebanyak 7.842 anak.

“Sedangkan dari masing-masing target itu, untuk imunisasi oral polio vaksin baru sebanyak 1.892 anak, sedangkan untuk imunisasi suntik polio vaksin baru mencapai 1.442 anak,” katanya.

Kabid P2P Dinkes Pamekasan Hidayat menjelaskan, pihaknya kini terus berupaya untuk meningkatkan cakupan imunisasi tersebut.

Di antaranya dengan melibatkan peran aktif petugas lapangan, seperti petugas puskesmas, bidan desa dan kader posyandu dengan cara datang langsung ke rumah-rumah warga.

Sebelumnya Kepala Dinkes Pamekasan Saifuddin menyatakan, imunisasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak dari berbagai jenis penyakit.

Melalui program ini juga diharapkan kekebalan tubuh anak meningkat, apalagi Kabupaten Pamekasan tercatat sebagai salah kabupaten di Jawa Timur dengan tingkat prevalensi kasus balita kerdil tinggi. (KIM PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s