IDI Jatim Bantu Korban Banjir Pamekasan

PAMEKASAN HEBAT – Organisasi profesi dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Jawa Timur membantu para korban banjir di dua kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Jumat (4/3/2022) dengan cara didistribusikan secara langsung ke rumah-rumah para korban.

“Ada dua desa dan satu kelurahan yang menjadi sasaran program bakti sosial IDI Wilayah Jawa Timur,” kata juru bicara IDI Wilayah Jawa Timur dr Saifudin. Masing-masing Desa Sopaah dan Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu dan Kelurahan Parteker, Kecamatan Pamekasan.

BANTUAN BANJIR PAMEKASAN2Saiful menjelaskan, bantuan kepada korban banjir ini sebagai bentuk kepedulian yang berasal dari sumbangan para pengurus dan anggota IDI wilayah Jawa Timur.

“Nilainya memang tidak terlalu besar. Kami berharap semoga tidak dinilai dari besar dan kecilnya bantuan, akan tetapi pada komitmen dan kepedulian IDI dalam ikut meringankan beban sebagian korban banjir di Pamekasan ini,” kata Saifudin.

Selain memberikan bantuan berupa paket sembako, organisasi profesi dokter ini juga memberikan bantuan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para korban banjir di Pamekasan dengan cara bekerja sama dengan sejumlah puskesmas dan rumah sakit di Pamekasan.

IDI JATIM2Selain IDI, elemen organisasi kemasyarakatan yang juga ikut membantu para korban adalah Klinik Cahaya Umat, dan sejumlah organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan di Kabupaten Pamekasan.

Banjir yang menggenangi Kota Pamekasan mulai 1 Maret 2022 dan hingga Kamis (3/3) pagi di sebagian wilayah masih berlangsung itu, akibat luapan Sungai Kalisemajid dan Sungai Kalikloang, setelah hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah itu.

BANJIR 2 MARET 2022 PMKBanjir menggenangi tujuh keluruhan dan 12 desa di empat kecamatan, yakni Kecamatan Pamekasan, Padewawu, Palengaan dan Proppo.

Masing-masing Kelurahan Jungcangcang, Gladak Anyar, Patemon, Parteker, Barurambat Kota, Kelurahan Bugih dan Kelurahan Baruramat Timur.

Desa terdampak meliputi, Laden, Jalmak, Betet, Palengaan Daja, Rombuh, Sumedangan, Lemper, Majungan, Desa Pademawu Timur, Pademawu Barat, Desa Samiran dan Desa Kodik.

“Total jumlah warga terdampak berdasarkan hasil pendataan terbaru sebanyak 16.986 jiwa dengan jumlah total jumlah warga yang dievakuasi sebanyak 450 jiwa,” kata Koordinator Tim Rekasi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s