Bencana Akhir Tahun 2021 Melanda Empat Kecamatan di Pamekasan

PAMEKASAN HEBAT – Bencana alam berupa angin kencang disertai hujan deras melanda empat kecamatan di Kabupaten Pamekasan pada akhir tahun 2021 ini dan menyebabkan sejumlah bangunan milik warga rusak.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan yang dirilis kepada media menyebutkan, empat kecamatan yang dilanda bencana angin kencang disertai hujan deras dan menyebabkan sebagian bangunan warga rusak itu masing-masing Kecamatan Pamekasan, Larangan, Kadur dan Kecamatan Pademawu.

Di Kecamatan Pamekasan terjadi di Kelurahan Patemon dan Kelurahan Gladak Anyar, di Kecamatan Kadur terjadi di Desa Pamoroh, lalu di Kecamatan Pademawu, yakni di Desa Sentol, sedangkan di Kecamatan Larangan, bencana terjadi di Desa Trasak.

Di Kecamatan Pamekasan jenis bencana yang terjadi berupa banjir akibat luapan sungai, sedangkan di tiga kecamatan lainnya berupa angin kencang yang menyebabkan sejumlah bangunan milik warga rusak.

“Kejadiannya, sekitar pukul 15.30 WIB,” demikian laporan tertulis institusi ini seperti yang disampaikan group whatshapp Pamekasan Peduli, Jumat (31/12/2021) malam.

Akibat musibah ini, sedikitnya 30 bangunan dilaporkan rusak, 15 pohon tumbang dan 160 rumah warga di dua kelurahan, yakni Kelurahan Gladak Anyar dan Kelurahan Patemon tergenang banjir.

Petugas gabungan dari unsur BPBD, TNI, Polri, Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB), Palang Merah Indonesia (PMI) serta aparat desa/kelurahan setempat telah diterjunkan membantu para korban.

Musibah angin kencang disertai hujan deras yang menyebabkan bangunan warga rusak pada malam pergantian tahun baru 2022 di Kabupaten Pamekasan ini bukan yang pertama kali terjadi.

Musibah serupa juga terjadi pada 8 Desember 2021. Kala itu sedikitnya 250 bangunan dilaporkan rusak, dan tiga diantaranya nyaris rata dengan tanah.

Selain merusak bangunan, hujan deras disertai angin kencang pada malam pergantian tahun baru 2022 itu juga telah menyebabkan aliran listrik di Kecamatan Kadur, Larangan dan sebagian di Kecamatan Pademawu putus sekitar tiga jam lebih. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s