Kasus Aktif COVID-19 di Pamekasan Semakin Berkurang

PAMEKASAN HEBAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur melaporkan, kasus aktif COVID-19 di wilayah tersebut semakin berkurang dan kini hanya tinggal dua orang, menyusul adanya tambahan satu orang pasien sembuh, per tanggal 9 Juni 2021.

“Pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh per hari ini berdasarkan hasil tes usap, pasien berinisial MR (24) asal Kecamatan Pademawu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Pamekasan Arif Rachmansyah dalam rilis yang diterima KIM Pamekasan Hebat (pamekasanhebat.com), Rabu (9/6/2021) malam.

Dengan adanya tambahan satu orang pasien sembuh itu, maka hingga 9 Juni 2021 ini, jumlah warga Pamekasan yang terpapar COVID-19 dan telah dinyatakan sembuh sebanyak 1.079 orang, dari jumlah total 1.172 warga Pamekasan yang positif COVID-19. [Baca Juga: Pemkab Pamekasan Laporkan Tambahan Pasien COVID-19 Meninggal Dunia]

Secara otomatis, pasien positif COVID-19 yang menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Martodirdjo Pamekasan juga berkurang, dari sebelumnya tiga orang, kini hanya tinggal dua orang.

Sementara itu, jumlah warga Pamekasan yang suspect COVID-19 yang kini dalam pengawasan petugas, sebanyak tujuh orang, dari total jumlah warga suspect 1.239 orang.

“Ya kita berharap, yang suspect dan kini dalam pengawasan tersebut, hasilnya tidak positif,” ujar Arif. [Baca Juga: Warga Bangkalan Masuk Pamekasan Ditemukan Positif COVID-19]

Sementara itu, berdasarkan data Satgas COVID-19 Pemprov Jatim, Kabupaten Pamekasan termasuk kabupaten di Pulau Madura dengan jumlah kasus aktif COVID-19 paling sedikit dibanding tiga kabupaten lainnya, yakni Bangkalan, Sampang dan Sumenep.

Sebab, di tiga kabupaten lain, jumlah kasus aktif COVID-19 minimal 10 orang, seperti Sampang 10 orang, Sumenep 14 orang dan yang paling banyak di Kabupaten Bangkalan, yakni 36 orang.

Menurut Kabid IKP Diskominfo Pamekasan Arif Rachmansyah, meski Pamekasan termasuk kabupaten dengan jumlah kasus aktif paling sedikit, akan tetapi penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan secara ketat. [Baca Juga: Tim Gabungan Pamekasan Lakukan Penyekatan di Terminal Barang]

Tim Satgas COVID-19 Pemkab Pamekasan kini juga membuat penyekatan di pintu masuk menuju Kota Pamekasan, guna mencegah kemungkinan adanya penyebaran COVID-19 dari Kabupaten Bangkalan, setelah lonjakan kasus virus corona jenis baru di kabupaten itu meningkat tajam.

Penyekatan digelar sejak Selasa (8/6) kepada para pengendaraan kendaraan bermotor dengan melakukan tes cepat antigen dan menyemprotkan disinfektan pada kendaraan yang mereka gunakan.

Hingga Rabu (9/6) tercatat, sebanyak 246 kendaraan roda dua yang melinta di jalan raya menuju Pamekasan telah disemprotkan disinfektan oleh Satgas COVID-19 setempat, dan sebanyak 77 orang telah dilakukan tes cepat antigen.

Dari total 77 orang yang dilakukan tes cepat itu, sebanyak tiga orang diantaranya diketahui reaktif COVID-19 dan ketiganya merupakan warga asal Kabupaten Bangkalan. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s