Polres Pamekasan Cegah Dini Peredaran Narkoba Melalui Tes Urine

PAMEKASAN HEBAT – Aparat kepolisian Polres Pamekasan, Jawa Timur melakukan upaya cegah dini peredaran narkoba di kalangan anggota institusi itu melalui kegiatan tes urine kepada para personel anggota polisi yang bertugas di Mapolres Pamekasan, Senin (24/5/2021).

“Ini kami lakukan, karena berbagai jenis upaya penegakan hukum oleh anggota, harus dimulai dari anggota itu sendiri,” kata Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar saat memantau pelaksanaan tes urine anggota Polres Pamekasan di Gedung Bhayangkara setempat, Senin (24/5/2021).

Tes urine ini, sambung kapolres, merupakan langkah awal, sekaligus sebagai bentuk deteksi dini, akan kemungkinan adanya anggota polisi yang mengonsumsi narkoba.

Polisi, kata dia, merupakan aparat penegak hukum, dan bertugas menegakkan berbagai jenis pelanggaran hukum yang terjadi di masyarakat, termasuk memberantas peredaran narkoba.

“Oleh karena itu, sebelum menindak orang lain dan masyarakat luar, perlu kita pastikan semua anggota kita bebas dari narkoba,” katanya.

Caranya, sambung dia, dengan melakukan tes urine kepada para personel anggota polisi, sehingga dengan cara itu, akan diketahui apakah ada anggota yang mengonsumsi narkoba atau tidak.

Pada pelaksanaan tes urine itu, satuan personel polisi yang dites dari Satuan Narkoba Polres Pamekasan sebanyak 29 personel dan selanjutnya akan dilakukan secara bertahap kepada personel satuan lainnya, seperti satuan reskrim, lalu lintas, intelkam dan samapta Polres Pamekasan.

“Tapi waktu pelaksanaannya tidak kita beritahu kapan. Yang jelas, satuan-satuan lainnya akan kami tes urine juga secara dadakan,” katanya, menjelaskan.

Tes urine ke 29 personel polisi di Mapolres Pamekasan, Senin (24/5) itu digelar setelah kegiatan Apel Komitmen Bersama Dalam Rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Penanda Tanganan Pakta Integritas Bersih dari Narkoba bertempat di halaman Mapolres Pamekasan.

Kapolres AKBP Apip Ginanjar yang memimpin langsung apel itu, selanjut meminta para personel polisi yang berjumlah 29 orang itu untuk masuk ke Gedung Bhayangkara untuk dilakukan tes urine.

Hasil tes menunjukkan, dari sebanyak 29 personel polisi yang dites urine itu semuanya negatif.

“Berdasarkan laporan petugas, semuanya negatif. Tidak satupun diantara mereka yang positif,” kata Kasubbag Humas Polres Pamekasan AKP Nenang Dyah kepada media Senin (24/5/2021) malam, menjelaskan hasil tes urine anggota polisi di Mapolres Pamekasan itu. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s