Rapid Antigen bagi Santri mulai Digelar Pemkab Pamekasan

PAMEKASAN HEBAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Sabtu (22/5/2021), mulai menggelar rapid test antigen gratis kepada para santri yang hendak kembali ke sejumlah pondok pesantren di wilayah itu, sebagai bentuk deteksi dini kemungkinan adanya santri dan terpapar COVID-19.

“Rapid tes antigen bagi santri ini gratis, tidak dipungut biasa sepeserpun,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan dr Nanang Suyanto.

Rapid antigen kepada para santri yang hendak kembali ke pesantren itu mulai Sabtu (22/5) dan akan berlangsung hingga Selasa (25/5/2021) di berbagai puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

“Jadi, kalau ada santri yang mau kembali ke pesantren, maka segera menghubungi pihak puskesmas untuk dilakukan rapid antigen,” katanya.

Caranya, dengan menunjukkan kartu santri, kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan domisili dari aparat desa/kelurahan setempat, serta keterangan hendak hendak melaksanakan perjalanan ke pondok pesantren.

Ada juga pelaksanaan rapid test yang tidak digelar di puskesmas, atas permintaan forum alumni pesantren tersebut dan pelaksanaannya secara bersama-sama. Seperti pada pelaksanaan rapid yang digelar pada hari pertama.

“Untuk hari pertama ini kan pelaksanaannya di Desa Bulangan Haji dan di Pendopo Kecamatan Proppo. Ini atas permintaan komunitas dan santri yang dirapid dalam jumlah banyak,” katanya.

Kabid P2P Dinkes Pamekasan dr Nanang Suyanto menjelaskan, saat ini, jumlah santri yang telah terdaftar hendak memanfaatkan rapid test antigen gratis yang disediakan Pemkab Pamekasan sebanyak 416 orang.

Mereka itu merupakan santri asal Pamekasan yang belajar di sejumlah pondok pesantren di Jawa. Antara lain Lirboyo Kediri, Nurul Jadid Paiton, dan santri Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan.

“Harapan kami santri yang mau kembali ke pondok pesantren asalnya, sebaiknya manfaatkan fasilitas yang disediakan Pemkab. Karena bagaimanapun ini bertujuan mencegah penularan COVID-19,” katanya, menjelaskan. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s