10 Hal Yang Perlu Diketahui tentang FPRB

PAMEKASAN HEBAT – Warga Pamekasan pada 9 Januari 2021 telah membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) sebagai upaya untuk menekan berbagai risiko bencana, melalui berbagai program pendidikan dan peningkatan wawasan tentang kebencanaan, guna mewujudkan terciptakan wawasan koleksi masyarakat melek bencana.

Inilah 10 hal perlu diketahui oleh masyarakat tentang fungsi dan peran FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana):

1. Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam hal penanggulangan bencana di daerah

2. Forum Pengurangan Risiko Bencana adalah perwakilan dari organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, media massa, donor, organisasi profesi/keahlian, legislatif, yudikatif, organisasi perangkat daerah (OPD) dan relawan penanggulangan bencana

3. Forum Pengurangan Risiko Bencana adalah mitra Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi atau BPBD kabupaten/kota, dan bukan sebagai saingan.

4. Forum Pengurangan Risiko Bencana dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2008 serta secara spesifik diatur pada pada Perka BNPB yang saat ini dalam taraf penyelesaian.

5. Forum Pengurangan Risiko Bencana memiliki visi memastikan pembangunan daerah berbasis Pengurangan Risiko Bencana.

6. Memastikan kebijakan yang diambil pemerintah dapat mengurangi risiko bencana saat ini, tidak menambah risiko bencana baru dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

7. Memastikan kelembagaan penanggulangan bencana dapat bersinergi dengan baik antara BPBD dengan OPD, antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

8. Memastikan anggaran penanggulangan bencana cukup digunakan dalam penanggulagan bencana sesuai dengan risiko bencana di daerahnya.

9. Memastikan pemberdayaan masyarakat di daerah dalam membangun ketangguhan terhadap bencana memperhatikan 4 strategi, yaitu
– Desa tangguh
– Relawan Penanggulangan Bencana
– Masyarakat Peduli Lingkungan
– Keluarga Tangguh Bencana

10. Target bersama, memastikan 7 objek ketangguhan
– Rumah/hunian
– Sekolah/madrasah
– Puskesmas/RS
– Pasar
– Rumah Ibadah
– Kantor
– Prasarana Vital. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s