Kemenkominfo Gelar Pelatihan dan Sertifikasi TIK di Pamekasan

PAMEKASAN HEBAT – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi Kominfo Surabaya menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2020 di Kabupaten Pamekasan selama lima hari, yakni mulai Selasa (15/9/2020) hingga lima hari ke depan.

Jenia pelatihan yang digelar pada pelatihan ini meliputi keterampilan, junior office, dan network office tentang teknologi informasi dan komunikasi.

Kepala Sertifikasi Bidang TIK Bagus Winarko menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk meningkat sumber daya manusia (SDM) dalam bidang teknologi komunikasi, meningkatkan literasi ibu rumah tangga, kelompok informasi masyarakat (KIM), SDM pemuda dan ASN di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Instruksi kegiatan ini dari kalangan akademisi dan praktisi dengan total jumlah peserta sebanyam 60 orang yang dibagi dalam tiga kelompok atau kelas.

“Kegiatan ini oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi Kominfo Surabaya bekerja sama dengan Diskominfo Pamekasan,” kata Bagus.

Menurut Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya Eka Handayani rencananya legiatan ini akan digelar 12 kabupaten/kota di Jatim. Namun karena ada wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), maka target capaian pelatihan mundur dan baru bisa dimulai bulan ini.

“Karena pada Agustus status pandemi ada pergeseran, maka bulan ini kita mulai, dan hanya bagi daerah yang berstatus berisiko rendah dalam penyebaran COVID-19,” katanya.

Pelatihan ini, sambung dia, sebenarnya merupakan upaya untuk menjawab tantangan zaman melalui kemajuan teknologi informasi di era industri 4.0 ini.

“Rencana tindak lanjut dari kegiatan kami akan kembali ke Pamekasan untuk menggelar start up, karena kalau kami amati, Pamekasan potensial untuk dikembangkan,” katanya.

Kepala Diskominfo Pamekasan Ir Mohammad menjelaskan, Pamekasan sangat mendukung kegiatan ini, bahkan kini sudah ada sembilan kecamatan yang sudah terkoneksi dengan fiber optik, tidak lagi internet, tapi sudah intranet.

Sidang-sidang dan kegiatan yang melibatkan orang banyak selama ini juga sudah bisa dilakukan secara daring.

Pelatihan dan Sertifikasi TIK ini dimulai dengan materi wawasan tentang program TIK dan kebijakan pemerintah di berbagai tingkatan, seperti pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten oleh Kepala Diskominfo Pamekasan Ir Mohammad. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s