Bursa Inovasi Desa Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Pamekasan

PAMEKASAN HEBAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah itu melalui program kegiatan bursa inovasi desa.

Sebanyak 178 desa dari 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Rabu, menghadiri bursa inovasi desa yang dicanangkan Pemkab Pamekasan di pendopo setempat.

“Melalui program ini, kami ingin menciptakan kompetisi sehat di masing-masing, sehingga dengan cara ini, persaingan sehat akan terwujud,” kata Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Bupati mengatakan, desa yang kreatif secara ekonomi lebih mandiri dan mampu mewujudkan peluang kerja bagi masyarakat di desanya, dan demikian juga sebaliknya.

Pada program inovasi ini, juga diharapkan agar desa yang lebih maju bisa menginspirasi desa lain yang belum maju.

“Kami ingin di masing-masing desa bisa nantinya bisa memiliki program inovatif antara dua hingga 3, sebagai program unggulan,” katanya.

Nantinya, sambung dia, program-program ini hendaknya dibahas secara detail di tingkat desa, dimasukkan dalam rancangan kerja dan anggaran pemerintahan desa, yakni APBDes.

“Jadi, bursa Inovasi desa ini akan menjadi sarana untuk saling menunjukkan program kreatif yang akan dilakukan masing-masing desa, untuk memajukan desanya,” ujar Bupati Baddrut Tamam.

“Program ini juga sebenarnya merupakan implemantasi dari anjuran Islam, yakni ‘berlomba-lomba menuju kebaikan,” katanya, menambahkan.

Bupati juga meminta agar Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa terus melakukan pendampingan terkait pencanangan program tersebut, sehingga cita ideal Pemkab Pamekasan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat desa melalui program kreatif bisa segera terwujud.

Hadir dalam acara pencanangan program inovasi desa ini, Sekretrais Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi. (PAMEKASAN HEBAT)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close