Lomba Foto Jadi Ajang Promosi Batik Pamekasan

Peserta lomba foto saat memotret kegiatan “Madura Eksotik Carnival 2018” di Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

PAMEKASAN HEBAT – Berbagai upaya promosi terus digencarkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja’e untuk mempopulerkan batik Pamekasan, sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian para pengrajin dan pedagang batik di wilayah itu.

Selain melalui ajang festival batik melalui “Madura Eksotik Carnival 2018” juga melalui lomba foto pada kegiatan itu. Sedikitnya 51 fotografer ambil bagian dalam lomba bergengsi di Pamekasan tersebut.

“Sebab, hemat kami, upaya kreatif melalui kegiatan yang kreatif pula, akan lebih bernilai guna dan tepat guna, dan ini sudah terbukti di beberapa daerah di Jawa Timur. Jadi, kabupaten maju seperti Banyuangi, karena upaya yang dilakukan memang sangat kreatif dan kegiatan yang dilakukan juga sangat kreatif,” kata Bupati Pamekasan Baddrut Tamam kepada media.

Melalui lomba foto yang digelar komunitas fotografer Pamekasan, maka foto-foto tentang potensi Pamekasan yang ditampilkan pada event “Madura Eksotik Carnival 2018” akan tersebar luas di masyarakat, melalui media sosial yang dimiliki oleh para fotografer tersebut.

Juara Lomba
Sementara itu, tiga foto terbaik hasil karya fotografer dalam lomba foto Madura Eksotik Carnival mendapat penghargaan dari Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, dalam puncak acara Kemilau Madura 2018, Sabtu (20/10/2018) malam.

Lomba foto yang digelar Madura Photography Center (MPC) bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pamekasan merupakan rangkaian acara dalam rangka Hari Jadi ke-488 Kabupaten Pamekasan.

“Tujuan dari lomba ini ingin mengenalkan kembali agenda wisata Pamekasan, ke masyarakat luar, sehingga amanah dari Disparbud ini kita apresiasi bersama rekan-rekan MPC dalam lomba foto, targetnya se Jawa Timur ternyata ada juga peserta dari luar Jawa,” kata Ketua MPC Pamekasan Achmad Tatang.

Sebelum ditetap juara 1, 2 dan 3, dipilih 10 karya terbaik, dengan juri khusus Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Juri 2 Achmad Tatang ketua MPC serta Juri 3 Saiful Bahri Jurnalis Foto senior Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.

“Sebenarnya ada 10 besar, tapi 1 Karya didiskualifikasi karena melanggar aturan lomba, dan diluar dugaan dari 3 karya terbaik mendapat juara ada peserta dengan alamat dari Kalimantan, dan pak Bupati juga memilih langsung juaranya karena beliau juga fotografer profesional,” ujar Ketua Panitia lomba itu, Zaini.

Keluar sebagai Juara pertama, atas nama Khoirur Rohman (Pamekasan), Juara kedua Musemil Harianto (Kalimantan) dan Juara ketiga atas nama Yanto Laksono (Sumenep). Ketiga pemenang mendapat hadiah uang pembinaan total Rp6 Juta, marchandise serta sertifikat.

Selain lomba “on the spot” tersebut, Madura Photography Center (MPC) juga menggelar lomba foto Instagram, dengan objek sama yaitu acara Madura Eksotik Carnival di depan Pendopo Budaya Jalan Jokotole Pamekasan, berupa penampilan model mengenakan batik dipadukan dengan penampilan Sape Sono’.

Juara foto Instagram pemilik akun @muafi_id, @lalud_mahally dan @auliya_ds

Acara lomba foto tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Baddrut Tamam dan diharapkan kembali digelar dengan konsep berbeda.

“Sangat menarik karena foto akan banyak bercerita kepada khalayak akan terus abadi, saya berharap bisa diselenggarakan lebih baik dan saya siap mendukung MPC, sehingga saya bergairah lagi dengan fotografi,” Katanya sambil tersenyum saat menilai hasil foto peserta. (PAMEKASAN HEBAT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close