Unjuk Rasa atau Aksi Unjuk Rasa.. ?

PAMEKASAN HEBAT – Dalam kamus besar Bahasan Indonesia, unjuk rasa merupakan pernyataan protes yang dilakukan secara massal. Kata lain yang searti adalah demonstrasi. Namun, kata demonstrasi memliki arti lebih luas. Dalam artian, demonstrasi bukan padanan kata tunggal dari unjuk rasa. Arti lain dari kata ini adalah peragaan atau pertunjukan tentang cara melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Kata turunannya adalah berunjuk rasa, pengunjuk rasa, sedangkan kata turunan demonstrasi adalah berdemonstrasi, mendemonstrasi, mendemonstrasikan

Di Undang-Undang Nomor: Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dinyatakan bahwa persamaan kata unjuk rasa adalah demonstrasi. Pada Pasal 1 poin 3 dijelaskan, bahwa unjuk rasa atau demonstrasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara demonstratif di muka umum.

Apabila memperhatikan dari arti kata unjuk rasa ini, asosiasinya adalah aksi, atau menggelar aksi. Misalnya, “Mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta berunjuk rasa di depan kantor DPR RI”.

Berunjuk rasa sebagaimana kalimat di atas adalah melakukan unjuk rasa, atau melakukan pernyataan protes yang dilakukan secara massal. Pada kata ‘berunjuk rasa’ sudah terkandung aksi kegiatan, atau menggelar kegiatan.

Di beberapa media massa, baik media daring maupun cetak, termasuk di beberapa media elektronik seperti radio dan televisi, masih kita jumpai tambahan kata ‘aksi’, yaitu, aksi unjuk rasa’. Misalnya ‘Mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi di Jakarta menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPR RI’.

Kalimat di atas ini memang tidak salah, akan tetapi boros kata, karena pada kata ‘berunjuk rasa’ telah terkandung pengertian menggelar dan aksi, berdasarkan pengertian dasar unjuk rasa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) itu tadi. (KIM PAMEKASAN HEBAT – MIMBAR BAHASA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s